Aneka resep cara membuat Kue kering praktis & kue basah tradisional dengan macam-macam kreasi coklat, keju, kacang yang sederhana dan mudah di Resepadonankue.

Resep Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju dan Susu Yang Renyah

Resep Kue Kering Sagu Keju, dibalik tampilan sederhana kue sagu cita rasanya mampu membuat orang yang memakannya jadi ketagihan. Begitu dimakan rasa renyah dan meleleh dimulut adalah hal yang membuat kue ini menjadi kue kering favorit untuk dijadikan hidangan saat lebaran ataupun tahun baru.

Banyak sekali kita jumpai di media sosial seperti facebook orang yang sudah berhasil mencoba resep kue sagu keju dan membagikan fotonya. Ini membuktikan jika membuat kue sagu tidak terlalu sulit untuk dilakukan siapa saja. Namun bagi yang baru mau mencobanya jangan berkecil hati dulu, kami sengaja menghadirkan resep beserta cara membuat kue sagu dengan 2 pilihan yang bisa dipraktekkan di dapur rumah anda.

Kalau jauh hari bunda bisa membuatnya sendiri, kapan saja bisa membuat kue sagu keju untuk cemilan dirumah. Jangan lupa share kumpulan resep yang sudah kami berikan, biar tambah semangat lagi untuk berbaginya. Tidak mau ketinggalan kan, simak resep kue kering sagu keju berikut dengan cara membuatnya.

Resep Kue Sagu Keju Renyah

Resep kue yang pertama ini pemula juga bisa membuatnya, yang penin ada usaha pasti bisa. Semua alat yang perlu dipersipkan adalah wajan, spatula, loyang, mixer, oven, kuas kecil, kertas roti, plastik segitiga (jika tidak ada boleh plastik biasa), squit untuk mencetak dan rak kawat untuk mendinginkan.
Resep Kue Sagu Keju Tanpa Santan
Gambar Kue Sagu Keju

Bahan yang Disiapkan dan Ditimbang :
  • 400 gram tepung sagu tani
  • 200 gram gula tepung (gula halus)
  • 200 gram mentega (blue band)
  • 2 butir telur (ambil Kuningnya)
  • 100 gram keju parut
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Kue Sagu Keju Yang Sederhana

  1. Langkah awal sangrai dulu tepung sagunya dengan api kecil saja, dinginkan sejenak.
  2. Sementara itu kocok gula dan mentega dengan mixer sampai mengembang. Tambahkan telur lalu kocok lagi sampai rata.
  3. Masukkan tepung sagu yang sudah disangrai, garam dan juga keju. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata dan menjadi adonan yang siap untuk dibentuk.
  4. Siapkan loyang dan olesi tipis dengan mentega menggunakan kuas kecil atau batang daun pisang juga bisa. Alasi juga dengan kertas roti. 
  5. Ambil plastik lubangi/potomg kecil bagian ujung bawah untuk dimasukkan Squit. 
  6. Masukkan adonannya, tidak usah terlalu penuh agar mudah memegangnya.
  7. Mulai bentuk melingkar dan tarik ke keatas untuk memutusnya dengan gerakan agak cepat. Bentuknya seperti yang ada digambar diatas atau sesuai selera.
  8. Panggang kedalam oven dengan suhu sekitar 160 derajat Celsius. Tunggu sampai matang berwarna dengan waktu 25 menit lamanya. Kalau sudah terbiasa membuat adonannya cepat, bisa juga memanskan oven saat membuat adonannya. Sehingga lebih mempersingkat waktu. 
  9. Jika sudah matang kecoklatan angkat dan dinginkan kue sagu diatas rak kawat yang sudah disiapkan.
  10. Simpan kedalam toples kedap udara jika dirasa sudah dingin. Ini dimaksudkan agar kerenyahan kue bisa bertahan lama.

Resep Kue Sagu Keju Pandan dan Susu Renyah

Kalau yang ini yang spesial dengan tambahan susu, rasanya lebih lengkap dan enak. Alat yang perlu dipersiapkan oven, loyang, wajan, Kuas kecil, kertas roti, mixer, spatula, spuit, plastik dan rak kawat.
Resep Kue Sagu Keju Lembut
Gambar Kue Sagu Keju Pandan

Bahan Pertama :
  • 620 gram tepung sagu tani
  • 5 lembar daun pandan (potong sepanjang sekitar 10 cm)
  • 20 gram susu bubuk full cream
  • 200 gram keju parut
Bahan Kedua :
  • 200 gram mentega
  • 270 gram gula halus
  • 100 gram margarine (blue band)
  • 1 sdt vanilla ekstrak atau 1/4 sdt vanili bubuk
  • 100 ml santan kental instan
  • 1/4 sdt garam
  • 3 butir kuning telur

Cara Membuat Kue Sagu Keju Susu Spesial

  1. Sangrai tepung dan daun pandan dengan api kecil sampai daun pandan tearlihat kering, sisihkan dan buang daun pandannya.
  2. Panaskan oven mengginakan suhu 150 derajat celsius. 
  3. Sementara menunggu panas kocok semua bahan kedua dengan mixer hingga lembut dan warnanya terlihat pucat mengembang.  Sekiranya 5 menit sudah cukup.
  4. Baru setelah itu masukkan bahan pertamanya dan kocok dengan menggunakan spatula sampai rata, sehingga menjadi adonan yang siap.
  5. Olesi semua loyang dan beri kertas roti.
  6. Masukkan adonan kedalam plastik yang dipasang Squit.
  7. Tekan adonan untuk membentuk sesuai yang diinginkan. Beri jarak sedikit saja agar matang sempurna. Kalau mau ditambahkan keju parur diatasnya juga bisa.
  8. Panggang adonan selama 25 menit hingga matang. 
  9. Angkat untuk dihidangkan atau dinginkan dulu sebelum dikemas.

Sekarang bunda sudah tau kan, bagaimana membuat kue sagu yang banyak dijual di toko kue ini. Semoga saja dengan adanya Resep Kue kering Sagu Keju yang renyah dan lembut ini bisa membantu semua orang yang membutuhkan. Boleh saja menggunakan emulsifier jika ingin kue lebih awet untuk disimpan dengan waktu lebih lama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju dan Susu Yang Renyah