Aneka resep cara membuat Kue kering praktis & kue basah tradisional dengan macam-macam kreasi coklat, keju, kacang yang sederhana dan mudah di Resepadonankue.

Resep dan Cara Membuat Whipped Cream Yang Lembut

Resep Cara Membuat Whipped Cream Lembut - Sering kali kita membutuhkan cream kocok untuk mendekorasi atau menghias kue, terutama kue tart ulang tahun yang membutuhkan jumlah yang banyak untuk menempelkan pernak-pernik hiasannya. Bisa saja menggunakan whipped ceram semprot jika ingin praktis, namun faktanya masih banyak orang yang suka membuatnya sendiri dirumah dan memodifikasinya.

Whipped Cream adalah krim yang dibuat dari lemak susu yang dikocok dengan kuat sehingga mengental dan kaku. Bagi yang suka rasa gurih namun tidak manis bisa menggunakan yang Dairy berupa cairan. Sedangkan Non-Dairy rasanya lebih manis berupa bubuk dan cair. Dari segi ketahanan whipped cream bubuk lebih tahan lama hingga 3 hari lebih dan tidak mudah meleleh. Sehingga disarankan menyimpan whipped cream yang belum diaduk ke dalam freezer agar tetap segar dan tahan lama.

Whipped Cream dari Putih Telur

Tips Cara Membuat Whipped Cream Lembut

  • Pastikan menggunakan telur ayam yang masih segar dan tidak busuk.
  • Agar hasilnya sempurna, pastikan krim yang hendak diolah masih fresh tersimpan dalam kulkas.
  • Tidak disarankan menggunakan mangkuk berbahan plastik. Gunakan mangkuk kaca atau stainless yang agak tinggi besar. Sehingga saat mengocok dengan kecepatan tinggi tidak tumpah dan minyak yang dihasilkan tidak menempel. Dengan begitu tidak sampai mempengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan.
  • Gunakan krim yang bisa mengembang dan padat seperti heavy cream, full cream atau yang khusus untuk membuat whipped cream.

Cara Memuat Whipped Cream Lembut Dari Putih Telur


  1. Dinginkan dulu mangkuk besar kedalam freezer 1 atau 2 jam agar krim yang akan diaduk bisa cepat tebal dan padat. Jika tidak ada freezer gunakan saja es batu, jika sudah dimgin buang.
  2. Masukkan putih telur dan krim, lalu kocok dengan menggunakan mixer kecepatan penuh. Matikan mixer setiap satu menit lalu nyalakan lagi. Ulangi 2 atau 3 kali sehingga krim akan berubah menjadi putih ringan.
  3. Coba cicipi apakah rasanya sudah sesuai keinginan. Jika kurang manis tambahkan saja gula bubuk atau icing sugar. Tidak disarankan menggunakan gula pasir karena akan lama untuk bisa tercampur.
  4. Bila perlu tambahkan extrak vanila jika menginginkan tambahan rasa yang berbeda dan lebih terasa lagi manisnya.
  5. Simpan juga whipped cream yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin agar lebih enak.
Itulah tadi resep membuat whipped cream yang lembut dan kaku, sehingga lebih mudah dibentuk untuk menghias kue ataupun minuman agar terlihat cantik dan menarik. Seberapa banyak whipped cream yang dibutuhkan tentu saja tergantung seberapa banyak kue yang ingin diberi hiasan, berapa ketebalannya dan berapa lapisannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Whipped Cream Yang Lembut