Aneka resep cara membuat Kue kering praktis & kue basah tradisional dengan macam-macam kreasi coklat, keju, kacang yang sederhana dan mudah di Resepadonankue.

Resep Kue Bawang Kentang Renyah Pedas

Resep Kue Bawang Kentang Renyah Pedas – Salah satu aneka kue kering murah meriah yang paling banyak disukai semua orang dan sering dijadikan suguhan saat bertamu. Apalagi bagi anak-anak yang suka jajan saat lebaran tiba kue bawang goreng bisa habis dimakan sendiri. Memang camilan renyah dan gurih selalu saja disukai walaupun tidak membuat perut kenyang.

Bukan rahasia lagi, jika saat ini kue bawang merupakan makanan ringan yang bisa menjadi peluang bisnis yang bisa disandingkan jenis keripik lainnya. Namun sekilas dilihat bentuknya memang mirip dengan stick kentang, namun ini beda lo . Karena bahan kentang memang digunakan, tapi sebagai bahan campuran dengan tepung terigu atau bisa juga menggunakan tepung beras. Sehingga bisa dikatakan sebagai snack bawang rasa kentang pedas spesial dengan bumbu rempah-rempah.

Tips untuk membuat Kue Bawang Kentang agar bisa kriuk enak adalah pada penggunaan bawang merah dengan jumlah yang banyak. Termasuk seledri juga berpengaruh sehingga hasil kue lebih terasa harum nikmat. Bagi yang sudah terbiasa beli kiloan di toko kue, tidak ada salahnya belajar membuatnya sediri dirumah. Karena untuk membuat adonan tidaklah sulit dan bahan yang digunakan juga tidak banyak. Mari simak cara membuat kue bawang dari kentang berikut ini.

Foto Resep Kue Bawang Kentang Renyah
Gambar Kue Bawang Kentag

BAHAN DAN BUMBU :

  • 500 gram tepung terigu / tepung beras
  • 200 gram tepung sagu
  • 500 gram kentang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk.
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 sendok teh garam
  • 10 butir bawang merah, cincang halus
  • 3 sdm seledri, cincang halus
  • 300ml santan dari 1/2 butir kelapa

BAHAN PELENGKAP :

  • 2 sendok makan cabai bubuk

CARA MEMBUAT KUE BAWANG KENTANG RENYAH

  1. Rebus kentang dan tumbuk hingga halus. Ayak juga tepung terigu dan sagu agar mudah dicampur.

  2. Aduk jadi satu ayakan tepung tersebut dengan kentang tadi, ditambah garam, merica dan telur.

  3. Disusul dengan seledri cincang dan bawang merah. Aduk lagi sampai merata.

  4. Tuang air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang siap dibentuk.

  5. Giling adonan dengan mesin penggiling mie dengan ukuran tebal dulu. Lalu giling lagi dengan ukuran lebih tipis hingga menjadi kalis. Lakukan berulang sampai mencapai ukuran yang ke 6.

  6. Potonglah adonan tersebut dengan panjang jajar genjang sekitar 5 cm seperti pada umumnya.

  7. Bila tidak mempunyai alat giling bisa menggunakan cara manual saja.

  8. Caranya giling dengan botol atau talelan bulat terbuat dari kayu hingga agak tipis, tapi jangan terlalu tebal juga agar tidak keras jadinya. Sedangkan bagian bawah alasi dengan plastik agar terjaga kebersihannya.

  9. Gunakan pisau untuk memotong menjadi bentuk pangjang sesuai keinginan layaknya Stick.

  10. Panaskan minyak dan goreng sambil bolak-balik hingga matang, tandanya berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan dahulu.

  11. Beri taburan cabai bubuk diatasnya untuk memberi rasa pedas. Bolak balik perlahan agar bumbu cabai merata.

  12. Nikmati kue bawang dan siman di toples yang rapat.

Baca Juga : Resep Kue Kering Rasa Asin Dan Gurih

Semoga artikel tentang resep kue bawang dan cara membuatnya bisa berguna bagi siapapun yang sedang menginginkannya. Dengan bahan yang sangat sederhana dan mudah didapatkan dipasar tentu tidak akan sulit untuk dipraktekkan. Saat santai sambil menonton televisi bersama teman atau keluarga menjadi waktu yang pas untuk menikmati renyanya kue bawang kentang ditambah rasa pedas yang bikin ketagihan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Bawang Kentang Renyah Pedas