Aneka resep cara membuat Kue kering praktis & kue basah tradisional dengan macam-macam kreasi coklat, keju, kacang yang sederhana dan mudah di Resepadonankue.

Cara Membuat Adonan Dasar Pizza

Resepadonankue - Pizza bukan makanan yang asing lagi di Indonesia, karena makanan ini mudah ditemukan karena hampir di setiap kota berdiri gerai pizza yang terkenal itu. Adonan rotinya memang enak di lidah, karena tentu mereka punya resep rahasia dengan bahan dan takaran tertentu. Namun untuk membuat sendiri pizza ini di rumah cukup mudah. Adonan roti pizza seperti adonan roti biasa, menggunakan bahan-bahan antara lain seperti tepung terigu, ragi instan atau instant yeast - ragi khusus roti, gula, garam, dan air hangat.

Di supermarket banyak merk ragi untuk roti seperti fermipan, mauripan, haan, dan lain-lain. Sekedar info, ragi akan tidak berfungsi atau gagal membuat roti mengembang jika terkena air panas, jadi pastikan air hangat yang digunakan pas hangatnya, untuk berapa derajat suhunya mungkin bisa Anda cari atau browsing lagi. Kalau saya biasanya menggunakan kira-kira saja. Yang jelas air panas dari dispenser masih terlalu panas, harus dicampur air dingin atau air biasa dulu.

Berikut bahan dan cara membuat adonan dasar roti pizza atau kulit pizza. Oiya, dengan resep ini saya buat jadi 2 pizza dengan diameter kurang lebih sekitar 25 - 30 cm.

Cara Membuat Adonan Dasar Pizza
Gambar Adonan Roti Pizza

RESEP ADONAN PIZZA

BAHAN :

  • 300 gram tepung terigu protein sedang (contoh merk : Bogasari, Kompas, Melati, dll)
  • 7 gram ragi (setengah bungkus fermipan)
  • 15 gram gula pasir
  • 170 cc air hangat-hangat kuku (istilahnya gitu tapi maksudnya juga belum paham 😀 )
  • 7 gram garam atau sesuai selera
  • 30 cc minyak zaitun atau minyak goreng yang baru, jangan jelantah ya 😀

Cara Membuat Adonan Pizza

  1. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, ragi, gula, air hangat.
  2. Aduk rata dengan tangan untuk mencampur bahan, atau juga bisa dengan sendok makan.
  3. Setelah itu taburkan garam, masukkan minyak goreng, uleni hingga kalis menggunakan tangan. Atau dari awal gunakan saja mesin pengaduk adonan jika ada.
  4. Jika sudah kalis (adonan tidak lengket di tangan), bagi adonan menjadi 2 bagian.
  5. Istirahatkan adonan selama 1 jam dalam wadah dan tutup dengan kain bersih lembab (basahi kain bersih dan peras sampai air tidak menetes). Sementara itu Anda bisa menyiapkan bahan topping.
  6. Setelah 1 jam adonan siap digunakan.
Bagaimana? Simple kok Bund bikin adonan pizzanya. Nah, untuk topping bisa buat sendiri, atau kalau mau praktis beli saja saus spaghetti di mini market, haha. Tinggal oles di atas adonan pizza terus taburi keju mozarella atau jenis lain yang bisa meleleh atau lumer jika kena panas, mantaps. Sekian, terima kasih, dan selamat bereksperimen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Adonan Dasar Pizza