Aneka resep cara membuat Kue kering praktis & kue basah tradisional dengan macam-macam kreasi coklat, keju, kacang yang sederhana dan mudah di Resepadonankue.

Resep Kue Biji Ketapang Manis Gurih

Resep Kue Biji Ketapang Manis Gurih – Yuummy kali ini admin akan membagikan resep kue kering klasik khas betawi tahun 90-an yang masih popular sampai saat ini untuk siapa saja yang mencarinya lewat google. Sayangnya keberadaannya cukup langka sehingga bisa jadi peluang usaha makanan ringan tersendiri buat siapa saja yang pandai membuatnya. Namun masih ada juga kok pedagang yang menjual perbungkus 1 kg biji ketapang jika bunda mau mencarinya. Tidak perlu menunggu lebaran atau acara pernikahan untuk menikmati kue kering renyah ini. Cobalah buat sendiri untuk cemilan dirumah serta menambah pengetahuan tentang daftar resep kue kering yang sudah dikuasai.

Karena tergolong jajanan tempo dulu ternyata banyak orang jaman now yang heran saat mendengar nama Kue Biji Ketapang ini. Apakah memang terbuat dari semacam biji-bijian? Tidak sama sekali, itu hanyalah penamaan makanan tersebut yang didapat dari salah satu pohon yang seringkali dijumpai di sekitar pantai dengan dengan cirinya tinggi dan berdaun lebar serta terlihat rindang. Biji Ketapang sendiri merupakan buah yang tumbuh dari pohon tersebut dengan ciri bundar dengan ujung lancip dan agak kasar. Karena bentuk kue sengaja dibentuk menyerupai buah tersebut akhirnya masyarakat sering menyebutnya kue biji ketapang. Baca Juga: Resep Kue Kering Rasa Asin ]

Walaupun bentuk kuenya yang kecil terlihat sederhana ternyata mampu bersaing dengan makanan kekinian saat lebaran tiba. Saat digigit rasa kriuk dan manisya yang empuk bakalan bikin nagih.

Cara membuatnya tergolong mudah dan cukup ramah dikantong loh. Yang penting harus telaten saja saat proses menggulung dan mengguntingnya. Untuk bahan dasar membuat kue biji ketapang tidak lain dari tepung terigu, telur, mentega serta tambahan bahan lainnya. Selain rasa asin kue biji ketapang dengan rasa manis banyak juga yang suka. Kalau bosan harus sering beli diluar mending buat sendiri saja dirumah. Resep lengkapnya silahkan lihat dibawah ini.

Resep Kue Biji Ketapang Manis Gurih
Gambar Resep Kue Biji Ketapang


Bahan Untuk 450 gram :
  • 300 gram tepung terigu serbaguna, ayak halus
  • 50 gram Gula pasir
  • 1 butir Telur ayam
  • 25 gram Margarin, lelehkan
  • 75 gram Kelapa parut, sangrai halus
  • 50 ml Santan kental (dari ½ butir kelapa)
  • Minyak untuk mengoreng

Cara Membuat Kue Biji Ketapang :

  1. Kocok gula pasir, telur dan margarin hingga tercampur rata menggunakan whisk.
  2. Masukkan terigu dan kelapa yang sudah disangrai sambil tetap diaduk secara bergantiaan dengan santan.
  3. Jika adonan sudah jadi, ambil secukupnya sekitar 100 gram untuk digiling menjadi bentuk silinder dengan bergaris tengah 1 cm.
  4. Olesi pisau dengan sedikit minyak dan gunting menyerong adonan satu persatu dengan ketebalan 1 cm saja. Lakukan sampai semua adonan habis dan siap digoreng.
  5. Letakkan adonan yang sudah digunting pada tempat yang ditaburi terigu supaya tidak lengket satu sama lain.
  6. Gunakan minyak agak banyak dan terapung untuk menggorengnya dan pastikan benar-benar panas.
  7. Agar kue bertahan lama, tiriskan terlebih dahulu minyak sampai dingin sebelum dimasukkan kedalam wadah toples.

Nah kalau sedang mampir di jakarta jangan lupa cari oleh-oleh khas jakarta ini. Kalau disana kue kering yang renyah ini menjadi salah satu buah tangan yang cukup diminati. Selamat mencobanya semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Biji Ketapang Manis Gurih